Tips Sederhana Menangkal Virus Pada Mac

Lima Tips Sederhana Menangkal Virus Pada MacLima tips sederhana dari pakar keamanan di Kaspersky Lab, Costin Raiu, untuk meningkatkan keamanan komputer Mac di tengah ancaman berbagai jenis virus berbahaya. 


1. Gunakan pengelolaan kode 
Fungsi pengelolaan sandi dapat mengatasi serangan phising. Kabar baiknya adalah, tidak seperti Windows, Mac memiliki pengelolaan kata sandi yang sudah terpasang dalam sistem Keychain. Jika memungkinkan, coba untuk membuat frase unik, dan kuat untuk sumber dan simpan mereka dalam Keychain daripada harus mengingat kata sandi yang lebih mudah. 

Kapanpun pelaku kriminal dunia maya menyerang, mereka akan menggunakan kata sandi yang sama pada semua akun Anda – Gmail, Facebook, eBay, PayPal dan lainnya. Kata sandi yang kuat dan unik pada setiap sumber dapat menciptakan keamanan yang lebih kuat untuk keamanan daring. 

Hal lain adalah ada banyak saran yang lebih rumit seperti memiliki Keychain yang terpisah dengan 3 – 5 menit waktu, untuk kata sandi yang penting. Apa yang dimaksud dengan kata sandi yang penting? Seperti sumber-sumber yang dapat menciptakan kerugian financial: eBay, PayPal, online banking, dan lain-lain. Jika itu terjadi, anda tidak akan kehilangan seluruh kata sandi. 

2. Aktifkan bluetooth 
Matikan koneksi jika tidak dipergunakan atau tidak diperlukan. Hal ini diperuntukkan untuk IPv6, AirPort danbluetooth yang menjadi celah bagi para peretas dalam menyerang. IPv6 merupakan protokol komunikasi terbaru yang dapat dipergunakan pada Mac. Hal tersebut masih sangat jarang dipergunakan. Akan lebih aman jika IPv6 dimatikan. Untuk menonaktifkannya, anda dapat memilih menu Apple>System Preference. Lalu, tekan Network. 

Jika Network Preference dikunci, klik pada lambang kunci dan masukkan kata sandi Admin untuk melakukan perubahan. Pilih network service yang anda inginkan dengan IPv6, seperti Ethernet atau AirPort. Klik Advanced dan klik TCP/IP. Klik pada Configure IPv6 menu yang muncul (biasanya diatur secara otomatis) dan pilih Off. 

3. Nyalakan full disk encryption 
Aktifkan enkripsi full disk pada Mac OS X 10.7+ atau Firevault. Pada Mac OS X Lion, Apple memperbarui solusi encryption (FileVault) dan menambahkan full disk encryption yang dikenal dengan sebutan FileVault 2. Hal tersebut memberi keuntungan pada keamanan untuk keseluruhan disk dibandingkan dengan home folder dan bisa sangat berguna jika laptop Anda dicuri. 

4. Perbaharui Adobe Reader ke Versi 10 
Upgrade Adobe Reader ke versi 10 dan setelah itu. Adobe Reader telah menjadi target incaran bagi pelaku kriminal dunia maya pada platform Windows dan masih menjadi peringkat tertinggi diantara perangkat di seluruh dunia. Versi 10 juga beberapa keamanan yang membuatnya lebih aman daripada versi sebelumnya. 

Pastikan Anda mendapatkan versi terbarunya dengan cara mengunduh pada halaman Adobe. Sayangnya, banyak versi lama yang masih tersedia untuk diunduh dan sangat membingungkan. 

5. Pasang solusi keamanan yang bagus 
'Mac tidak terinfeksi virus' telah menjadi tema yang biasa kita dengar sejak iklan 2006 dengan gambaran PC yang 'sakit' dan Mac yang 'sehat'. Enam tahun telah berlalu dan situasi telah berubah dramatis. Pada 2011, pelaku kriminal dunia maya mulai menekan DNSChangers dan memalsukan anti-virus pada pengguna Mac dengan cara yang agresif. 

Trojan Flashback yang muncul September 2011 menyebabkan gebrakan besar pada Maret 2012 yang terhitung setengah juta pengguna di seluruh dunia terinfeksi. (*/OL-14)