Ternyata Kompres Demam di Dahi Nggak ada Efeknya

Ternyata Kompres Demam di Dahi Nggak ada Efeknya - Demam merupakan salah satu hal yang sering diderita anak-anak. Terlebih lagi, demam selalu membuat para ibu menjadi cemas.
Cara termudah untuk menurunkan suhu tubuh, para ibu biasanya melakukan kompres dengan air panas. Sayangnya, masih banyak ibu yang tidak mengerti bagaimana cara kompres dengan benar.

Dokter Herbowo Soetomenggolo, SpA, miris melihat ketidaktahuan para ibu. Menurutnya, kebanyakan para ibu menjadi 'korban iklan'.

"Kebanyakan ibu meletakkan kompres di dahi. Ini salah. Di dahi tidak ada pembuluh darah besar. Jadi percuma saja," ungkap dr.Bowo, dokter spesialis anak di Rumah Sakit Ibu dan Anak Hermina.

Dokter Bowo menjelaskan saat anak demam, letakkan kompres air hangat di kedua sisi leher atau di ketiak. Di daerah tersebut terdapat pembuluh darah besar.

"Jika tidak, elap tubuh anak dengan air hangat ke seluruh tubuh. Tubuh kita terdapat reseptor yang dapat memerintahkan otak untuk mengeluarkan zat-zat yang membantu menurunkan demam," jelasnya



Sumber