File Transfer Protocol

FTP atau File Transfer Protocol merupakan sebuah jalur khusus yang digunakan untuk pertukaran data di internet. fungsinya adalah untuk mentransfer data dari komputer lokal ke sebuah server di internet (Upload) ataupun sebaliknya (download)
Software ini wajib anda miliki, karena anda akan menggunkan software ini untuk bebagai aktivitas Ngeblog anda nantinya. saya beri contoh kasus : jika anda ingin mengupload template baru , atau anda ingin mengupload sebuah plugin maka FTP sangat berperan sebagai media yang menghubungkan komputer lokal anda dengan Control Panel Web Hosting anda !

Software ini wajib anda miliki, karena anda akan menggunkan software ini untuk bebagai aktivitas Ngeblog anda nantinya. saya beri contoh kasus : jika anda ingin mengupload template baru , atau anda ingin mengupload sebuah plugin maka FTP sangat berperan sebagai media yang menghubungkan komputer lokal anda dengan Control Panel Web Hosting anda ! Software FTP Client ada banyak macamnya dan semuanya tersedia secara gratis (freeware). ini beberapa contohnya : Ws FTP, FileZilla, dan CuteFTP. yang biasanya dan banyak digunakan adalah FileZilla( saran saya gunakan ini saja selain gampang dipahami dan prosesnya lebih cepat )

Selanjutnya adalah mendownload software FileZilla, langkah-langkahnya sebagai berikut. Buka atau Click Url yang ada di bawah ini :

. http://filezilla.sourceforge.net

2. pilihlah Download yang ada di website tersebut kolom sebelah kiri ( Ingat !!! anda harus mendowload FileZilla For Client bukan for Server !!! )

3. scrool ke bawah dan temukan bagian File Releases, pilih Download Filezila setup dan di sesuaikan dengan sistem operasi komputer anda.

4. Tunggu hingga proses Download Kelar !

5. File tersebut haruslah kita Instal terlebih dahulu pada Komputer Lokal kita.( ikuti aja perintah Instalasi yang muncul di layar Komputer anda ) jika proses Instalasi sudah selesai maka kita akan mempelajari cara menggunakan FileZilla ( buat yang di warnet , tanya dulu pada pemilik warnet bisa atau tidak melakukan instal ? biasanya sih bisa ).