Hati-hati Virus di Android Semakin Ganas

Hati-hati Virus di Android Semakin GanasSepertinya memang perangkat smartphone sudah menyebar dikalangan para pengguna gadget saat ini sob. Pastinya kalian juga memakai handphone berbasis android donk? Yah tidak dipungkiri bahwa smartphone memang memberikan kemudahan bagi kita para pemakainya. Aplikasi yang tersedia pun bisa dibilang membawa dampak yang cukup positif bagi kita. Tapi seiring dengan berkembangnya aplikasi yang ada, pastinya ada sesuatu yang buruk juga nih sob. Bukan buruk pada aplikasinya melainkan pada sisi lain yaitu virus. Makin banyaknya aplikasi android yang ada, membuat virus semakin "galak" menghampiri aplikasi android. Tidak ayal banyak aplikasi yang kita download malah membawa virus.

Pada bulan Juni yang lalu, terdapat 30.000 aplikasi yang terinfeksi script jahat. Sedangkan pada bulan September, sudah ada 175.000 aplikasi jahat yang mengintai sistem operasi Android. "Karena pengguna perangkat berbasis Android sudah mengalahkan PC, para penjahat cyber mulai menjadikan Android sebagai sasaran," kata Aulia Huriadi, Business Development Manager, Trend Micro Indonesia. Data meningkatnya jumlah aplikasi berbahaya yang mengintai Android tersebut didapatkan dari laporan keamanan kuartal ke-3 tahun 2012 yang belum lama ini diumumkan oleh Trend Micro, perusahaan keamanan jaringan.

Selain itu salah satu jenis serangan dari aplikasi berbahaya yang paling banyak terjadi adalah pencurian data dari perangkat Android. Jika kita mendownload sebuah aplikasi dan ternyata didalam aplikasi tersebut ada virus, lalu virus tersebut mengambil semua data yang ada di android kita, wah bisa-bisa data penting kita hilang sob. Hal ini yang paling berbahaya dari virus-virus yang ada. Parahnya nih sob negara yang sering mengirimkan virus tersebut yaitu berasal dari negara Timur Tengah yang tidak lain tidak jauh dari negara kita. Tercatat bahwa India adalah negara penyumbang virus terbanyak. Selain itu pada tahun 2012 ini tidak disangka Arab Saudi menjadi negara penyumbang virus terbanyak!


Wah sungguh sangat berbahaya sekali bukan? Virus ini tentu saja menyebar dengan cepat nih sob jika kita salah mendownload aplikasi. Tips bukan kalian agar terhindar dari virus nih sob.

  • Downloadlah aplikasi yang terjamin kualitas dan kemanannya.
  • Jangan pernah mendownload banyak aplikasi dalam satu hari.
  • Gunakan proteksi anti virus di smartphone kalian. Banyak sob yang gratis diantaranya adalah AVG
  • Jangan pernah mengirim aplikasi lewat bluetooth sob. Sebab Bluetooth juga membiarkan smartphone kita terbuka untuk diserang oleh virus.
  • Jangan lupa untuk mematikan internet jika tidak ada hal yang tidak perlu.
  • Lakukanlah update berkala jika ada notifikasi muncul agar kita tau kualitas dari aplikasi tersebut.
  • Terakhir sob Cek dulu aplikasi yang akan kita download. Apakah aplikasi itu sudah ada lisensi atau hanya duplikat?
Tentu aja serangan virus ini tidak memandang bulu alias smartphone kita. Galaknya virus ini membuat baik smartphone canggih sekalipun bisa terkena virus ini loh. Makanya nih sob kita harus hati-hati juga dalam memilih aplikasi dan mendownloadnya. So, keep your android save! 

Sumber
http://forum.detik.com/

Recent Posts