Inilah Bus Sepanjang 30 Meter Terpanjang di Dunia


news.yahoo.com
Inilah Bus Sepanjang 30 Meter Terpanjang di Dunia - Kota Dresden di Jerman akan segera mendapatkan alat transportasi umum yang bisa dikatakan luar biasa. Didesain oleh Fraunhofer IVI dan Fakultas Tehnik Universitas Dresden, bus gandeng tiga yang bernama Autotram Extra Grand ini akan memiliki panjang 98 kaki (30 meter) dan berkapasitas 256 orang. Ditambah lagi, untuk mengemudikan bus ini tidak diperlukan latihan khusus untuk pengemudinya.
Autotram Extra Grand dikatakan bisa dikemudikan layaknya bus biasa, dengan tambahan berupa sistem komputer yang bisa membantu supir bus saat membelokkan bus ini. Tujuan dari sistem komputer itu adalah untuk memastikan bagian belakang busnya terus  mengikuti bagian depan dan tengah bus itu setiap saat. Selain itu, bus ini juga ramah lingkungan karena menggunakan bahan bakar gas hibrida dan mesin listrik yang bisa berjalan jauh hanya dengan menggunakan tenaga baterai.
Autotram Extra Grand akan mulai mengisi jalanan di kota Dresden setelah menyelesaikan beberapa tes keamanan di luar kota. Pembuat bus ini juga mengatakan kalau mereka mendapat permintaan dari beberapa kota di seluruh dunia untuk mendapatkan bus Autotram Extra Grand versi kota mereka sendiri. Hal ini dikarenakan biaya operasional bus ini yang lebih murah dibandingkan sistem tram menggunakan rel dan juga mampu menampung penumpang dalam jumlah besar.
Kendati memiliki ukuran paling panjang, kapasitas bus ini masih kalah dengan bus buatan Cina. Dengan panjang 25 meter, bus yang diproduksi Youngman dapat menampung penumpang hingga 300 kursi.Sumber

Recent Posts