Tips Mudik Aman Menggunakan Sepeda Motor

Tips Mudik Aman Menggunakan Sepeda MotorMudik lebaran menggunakan sepeda motor lasih menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia. Pilihan ini dinilai lebih praktis dan tidak membutuhkan biaya banyak ketimbang menggunakan transportasi umum.
Namun tak jarang dari pemudik yang menggunakan sepeda motor justru mengabaikan beberapa asek keselamatan karena ingin cepat sampai ke kampung halaman. Tentu ini sangat berisiko terjadi kecelakaan.
Kali ini kangjem akan  memberikan beberapa Tips Mudik Aman Menggunakan Sepeda Motor kepada pemudik yang akan pulang kampung menggunakan sepeda motor
Pertama yang harus dilakukan sebelum berangkat mudik, yakni berdoa sebelum berangkat mudik agar selamat di perjalanan, gunakan Jaket, sarung tangan dan celana yang nyaman serta tidak terlalu ketat, menggunakan sepatu yang cocok dengan perjalanan jauh, pakailah Helm yang Full Face untuk lebih safety.
Kemudian hindari berboncengan lebih dari 2 orang, hindari mudik pada malam hari, perhatikan kondisi fisik Anda, apakah sedang sakit atau dalam kondisi fit.
Kedua, periksa kondisi sepeda motor. Cek kondisi mesin, stang kemudi, rem dan lampu-lampu sepeda motor sebelum hari keberangkatan mudik. Periksa kondisi ban apakah harus diganti atau tidak, begitu juga untuk ban dalam bila sudah ada yang ditambal sebaiknya diganti dengan ban dalam yang baru, karena kondisi cuaca dan jalan yang tidak menentu check juga kondisi tekanan angin pada ban sepeda motor
Bila sepeda motor menggunakan penggerak rantai, cek apakah rantai masih layak pakai, begitu juga untuk yang menggukan van belt apakah juga masih layak pakai, bila harus ganti lakukan penggantian untuk menghindari hambatan yang akan mengganggu mudik Anda
Periksalah kondisi surat-surat sepeda motor Anda, apakah pajak STNK dan SIM C sudah berakhir masa berlakunya.
Selama perjalanan, bila mengantuk istirahatlah di tempat yang aman, misal: di pompa bensin, posko mudik, mushola/masjid atau kantor polisi, hidupkan lampu besar pada siang dan malam hari.
Hindari kebut-kebutan antar pengendara dan perhatikan jalan karena tiap daerah kondisi jalan aspal berbeda-beda. Patuhi rambu lalu lintas selama perjalanan, usahakan bensin selalu penuh selama perjalanan.

ok cukut skiat 
Tips Mudik Aman Menggunakan Sepeda Motor dari kangjem semoga bermanfaat buat anda yang berencana untuk pulang kampung atau mudik lebaran..... dan semoga selamat sampai tujuan....amin....

Recent Posts