Tips Ampuh Untuk Atasi Hipertensi

Tips Ampuh Untuk Atasi HipertensiPenyakit pembunuh nomor satu di dunia masih berkisar pada jantung koroner dan stroke. Namun di urutan dua, tetap hipertensi. Tekanan darah tinggi yang tidak diobati segera dapat merusak organ vital, seperti ginjal, jantung, dan pembuluh darah. Juga stroke dan kebutaan. Sedangkan pada pria, menyebabkan disfungsi ereksi.


Menurut Prof. Dr. dr. Suhardjono, SpPD, KGH, KGer, Internis RSCM FKUI Jakarta, penyebab utama hipertensi adalah gaya hidup yang buruk. "Selain konsumsi obat, mengubah gaya hidup juga sangat penting," ujarnya. Berikut pola hidup yang harus dirubah untuk bebas dari hipertensi.

Bebas rokok dan minuman beralkohol
Kandungan nikotin pada alkohol dan rokok menyebabkan hipertensi karena bisa merusak jantung. Keduanya mengedarkan racun-racun nikotin dalam aliran darah.

Turunkan berat badan
Obesitas, juga menyebabkan hipertensi. Banyaknya lemak dalam tubuh, membuat pembuluh darah menyempit sehingga tekanan darah lebih tinggi. Jadi jika Anda merasa gemuk, segera turunkan berat badan!

Keberhasilan mengurangi berat badan sepuluh kilogram, punya dampak positif menurunkan 5-20 mmHg tekanan darah. Selain diet, Anda juga dapat berolahraga, jalan kaki misalnya.

Kurangi kadar garam
Batas normal mengonsumsi natrium adalah 1.500 mg atau sekitar satu sendok teh, per hari. Menurut data, dengan mengurangi kadar natrium agar lebih kecil dari 1500 mg maka akan mengurangi 5 juta jumlah kunjungan ke dokter hipertensi setiap tahunnya.

Makanan sehat
Hindari makanan cepat saji yang dagingnya banyak mengandung suntikan hormon, bumbu MSG serta garam. Bagaimana dengan daging kambing dan durian yang sering dianggap penyebab darah tinggi?

Faktanya, durian dan daging kambing memang menyebabkan denyut jantung meningkat. Artinya, tekanan darah juga ikut meningkat. Sebenarnya daging kambing yang belum diberi bumbu tidak berefek signifikan. Namun jika Anda khawatir, sebaiknya hindari saja. Perbanyak makan sayur dan buah, serta ikan laut dua kali seminggu.

Relaksasi atau meditasi
Hipertensi juga dipengaruhi oleh susunan saraf simpatis. Ini otomatis muncul saat kita manusia menghadapi suatu masalah. Contohnya, jantung berdebar yang menyebabkan tekanan darah meningkat. Obat anti hipertensi yang paling ampuh adalah mengontrol atau menenangkan diri. Lakukan relaksasi atau latihan meditasi.


Meditasi, Cara Ampuh Menekan Hipertensi
Bayu Ardiyanto
Rating Artikel : 5
Jumlah Voting : 1000 Orang

Recent Posts