Tips Setting GPRS di PDA O2

GPRS atau kependekan dari General Packet Radio Service adalah saluran komunikasi data yang biasa terdapat pada Handphone yang biasa digunakan untuk mengakses internet. Kecepatan transfer data GPRS bisa mencapai 114 Kbps. Hingga saat ini sudah ada penerus dari GPRS, yaitu EDGE ( Enhanced Data Rates for GSM Evolution ) yang bisa mentransfer data hingga 473 Kbps, dan HSDPA atau yang lebin dikenal dengan teknologi 3,5G di GSM. HSDPA ( High Speed Downlink Packet Access ) sendiri bisa mentransfer data hinga 14 Mbps.

Untuk PDA O2 yang dikeluarkan di Indonesia sendiri, hanya O2 Atom Life yang mendukung HSDPA, sedangkan yang mendukung EDGE yaitu Atom Black, Atom Pure, Atom Exec, dan Atom Life
Sebelum mensetting pastikan kartu anda sudah aktif gprsnya. Ini bisa dilihat pada indikator GPRS yang akan muncul disebelah kiri indikator sinyal berupa hurup G untuk GPRS atau E untuk EDGE.
Cara mensetting GPRS di PDA O2 sendiri sangat mudah sekali. Anda tinggal cari menu auto configurator. Menu tersebut adanya di menu Start --> Programs --> O2 AutoConfig ( Auto Config ; untuk O2 yang memakai sistem WM2003 ) --> Pilih operator yang dipakai --> Done/OK. Dan anda sudah bisa mengakses internet via GPRS. Tapi memang hingga saat ini, untuk kartu mentari dan matrix harus sedikit diubah settingannya karena dengan settingan auto config kadang tidak bisa berjalan.

Mentari :
1. Lakukan Auto Config dengan menggunakan operator Satelindo
2. Masuk Menu Start --> Setting --> Connections --> Connections
3. Pilih " Manage Existing Connections "
4. Pada menu modem pilih edit, pastikan pilihan kursor anda pada satelindogprs.
5. Pada kotak " Enter a name for the connections " --> Satelindogprs
6. Pada kotak " Select a Modem " --> Cellular Lines ( GPRS )
7. Next, Access Point Name --> indosatgprs
8. Next, User name --> indosat dan Password --> indosat
9. Klik advanced
10. Selanjutnya pada menu servers, pilih pilihan " Use server assigned addresses " --> OK --> Finish
Sementara untuk kartu matrix anda tinggal mengubah settingan pada langkah nomor 10.
Selamat Mencoba