Mixing WordPress Dan PhpBB



WordPress + PhpBB? Apakah Mungkin?
Sangat mungkin! Mungkin kalian bertanya, untuk apa phpbb yang adalah os forum, menambahkan wordpress yang pada dasarnya os blog.
Jika di antara kalian ada yang menjadi seorang administrator sebuah forum yang menggunakan phpbb, maka tutorial ini wajib kalian baca. karena disini saya akan menjelaskan bagaimana sebuah forum phpbb berintegrasi dengan wordpress.
Sebenarnya untuk mod blog sudah tersedia di phpbb, tapi selama pengalaman saya itu mod cukup mengkhawatirkan, cz banyak banget celah dan fatal error dimana – mana. dan itu yang membuat saya kelabakan, soalnya salah satu admin di porum garapan saya, adalah seorang yang expert dalam bidang security. jadi jika ada apa apa musti kudu wajib di tryout dulu sama dia sebelum di publish di porum.. dari sana lah saya mulai mencari alternatif lain untuk membuat member forum saya bisa posting di blog, jadi saya mulai lah berpikir utuk menggabungkan antara wordpress dan phpbb.
akhirnya setelah mencari di gudangnya wordpress developer (www.wordpress.org) saya menemukan satu buah plugin yang bisa untuk menggabungkan sang phpbb dan wordpresss.
so check this out…
STEP 1
Buat sebuah folder / subdomain untuk blog anda. sebagai contoh
www.kumahaceukanjeun.com/blog/
sekarang masuk ke control panel dan buka folder blog itu,
download wordpress versi terbaru di wordpress.org
upload dan install (ga perlu saya jelaskan lagi kan cara install wordpress nya?? yang bingung silakan bertanya…)
STEP 2
Setelah kelar dengan semua konfigurasi pada blog kalian. langkah selanjutnya adalah mendownload sebuah plugin yang bernama WP phpBB Bridge
bisa di download di directory wordpress http://wordpress.org/extend/plugins/wp-phpbb-bridge/ atau mengunjungi web authornya http://www.e-xtnd.it/wp-phpbb-bridge/
Setelah itu kalian upload plugin tersebut dan aktifkan.
Berikut screen shotnya:
Beres dah. sekarang member forum kalian sudah bisa posting blog dengan aman dan kita sebagai administrator ga perlu cemas akan bigs yang ada. cz seperti kita ketahui sendiri wordpress adalah salah satu engine blog yang mempunyai sensitifitas keamanan hampir sempurna (but nothin’ secure in this world)
Note : Plugin ini khusus untuk mereka yang menggunakan phpbb sebagai page utamanya.