10 Manfaat Hubungan Intim

pic
  Hubungan intim bagi masyarakat Indonesia memang cukup lama menjadi pembicaraan tabu. Tak jarang konsultasi dengan para dokter pun jadi kurang mendalam akibat budaya yang tidak terbuka membicarakan hubungan intim. Ini tentu pengaruh dari budaya timur, namun sebagai penopang kesehatan dan harmonisme hubungan rumah tangga, tentu perlu tahu manfaat hubungan intim bagi kesehatan keluarga.
 
1. Menghilangkan Stress
Berbagai penelitian di luar negeri telah membuktikan hal ini, seperti yang dilakukan para peneliti di Skotlandia. Hasil penelitian terhadap 24 wanita dan 22 pria menunjukkan bahwa seseorang yang melakukan hubungan intim secara rutin memiliki tingkat stress lebih rendah ketimbang yang tidak.
 
2. Menaikkan Imun Tubuh
Melakukan hubungan intim dua kali dalam seminggu ternyata dapat menaikkan antibody yang disebut immunoglobulin A atau IgA. Imun ini dapat berguna menangkis virus flu dan infeksi lain.
 
3. Membakar Kalori
Hubungan intim yang dilakukan selama 30 menit, ternyata dapat membakar sedikitnya 85 ribu kalori. Menurut seksologis dokter Patti Britton dari American Association of Sexuality Educators and Therapists, hubungan intim adalah salah satu olahraga yang baik bagi tubuh dan mental pelakunya.
 
4. Menaikkan Kesehatan Fungsi Kardiovaskular
Jurnal Epidemiologi dan Kesehatan Komunitas di Inggris mempublikasikan hasil penelitian berupa relevansi hubungan intim yang berakibat stroke. Namun bukannya hubungan intim menaikkan resiko terserang stroke, karena para pelaku rutin justru dapat mengurangi resiko terserang penyakit jantung.
 
5. Menyokong Rasa Percaya Diri
mungkin cukup aneh melihat fakta satu ini, karena rasa percaya diri 237 responden yang diteliti oleh Universitas Texas justru meningkat setelah melakukan hubungan intim secara rutin. Rupanya, hubungan intim yang mencakup komunikasi di antara pasangan menjadi dasar hal ini.
 
6. Menambah Harmonis
Hubungan intim dapat menaikkan tingkat hormon oxytocin atau “hormon cinta”, sehingga menopang berkembangnya rasa sayang dan saling percaya pada pasangan.  
 
7. Mengurangi Rasa Sakit
Hubungan intim juga berguna untuk mengurangi resiko sakit kepala, maag, bahkan kegelisahan sindrom PMS. Hal ini karena hormon oxytocin yang meningkat berarti menaikkan jumlah endorphins, sehingga pada akhirnya mengurangi rasa sakit.
 
8. Meminimalisir Resiko Kanker Prostat
Lewat hubungan intim yang rutin, kanker prostat yang biasanya menyerang di usia senja. Para peneliti Australia membuktikan hal ini, yaitu bahwa lelaki yang melakukan hubunga initim dapat terbebas dari kanker prostat di usia 30-an, 40-an, dan 50-an.
 
9. Manfaat Lain Senam Kegel
Bagi para wanita, senam kegel yang berguna dalam melakukan hubungan intim, ternyata dapat berguna bagi kebugaran bagian tubuh bagian tersebut di hari tua. Jadi selain kesenangan yang lebih baik saat berhubungan intim, olahraga tersebut juga dapat berguna mengurangi inkonsistensi otot-otot di bagian tersebut.
 
10. Memperbaiki Kualitas Tidur
Setelah melakukan hubungan intim, tidur menjadi lebih pulas. Ini bukan bualan rupanya, karena kualitas tidur yang baik juga ditentukan oleh pikiran yang baik (sebelum tidur).
 

Sumber