Kendalikan komputer hanya dengan kedipan mata




Jakarta (Solopos.com)–Mengenalikan komputer hanya dengan kedipan mata? Hal tersebut mungkin terdengar mustahil, namun dengan perangkat khusus hal itu bisa saja dilakukan.

Tobii PCEye, merupakan gadget khusus yang dirancang agar pengguna bisa menggunakan komputer dengan cara berbeda. Bentuknya seperti webcam biasa, namun harus diletakkan pada bagian bawah monitor dan dihubungkan melalui USB.

Setelah selesai dipasang, maka dengan sedikit kalibrasi PCEye bisa langsung dioperasikan. Pengguna hanya perlu menatap atau berkedip untuk mengendalikan komputer di depannya.

“Mudah digunakan, handal, dan performa yang luar biasa itulah tujuan desain kami untuk PCEye,” ujar Oscar Werner, Executive Vice President, Tobii Assistive Technology. Seperti dikutip dari Tomshardware.

PCEye juga diklaim Werner bisa mengenali gerakan mata dengan akurasi sekitar 95% tanpa terpengaruh dengan warna mata, kondisi cahaya, lingkungan sekitar, bahkan gerak kepala sekali pun. Perangkat ini juga dikatakan tidak akan membebani kinerja komputer.

“Tobii PCEye tidak akan memperlambat komputer, karena di dalamnya sudah ditanamkan prossor khusus yang memastikan pelacakan gerak mata tidak menguras sumber daya PC,” pungkas Werner.

Sayangnya belum ada keterangan mengenai harga dan ketersediaan produk ini. Namun melalui situsnya, PCEye dijanjikan akan segera tersedia di beberapa negara seperi Swedia, Amerika Serikat, Jerman, Norwegia, Jepang dan Cina.